Selasa, 17 Januari 2012

Manfaat NgeBlog Untuk Kecerdasan Linguistik


NgeBlog dan kecerdasan linguistik? Apa benar ada hubungannya? Mungkin ada, mungkin juga tidak, tergantung pada bagaimana aktifitas ngeBlog  kita.
Sebagaimana diungkapkan oleh Gardner, manusia memiliki kecenderungan multiple intelligences jika diasah dengan baik, dan salah satunya adalah kecerdasan linguistik. Dilihat dari definisinya, kecerdasan linguistik adalah kemampuan seseorang untuk menggunakan kata-kata secara efektif baik secara lisan atau tulisan. Kecerdasan ini mencakup kepekaan terhadap arti kata, urutan kata, suara, ritme dan intonasi dari kata yang di ucapkan. Termasuk kemampuan untuk mengerti kekuatan kata dalam mengubah kondisi pikiran dan menyampaikan informasi.
Pernahkan anda membaca tulisan yang mampu membuat anda ikut menangis atau seolah-olah merasa terlibat dalam tulisan tersebut? Mungkin, saat membaca kita akan terpesona dan bahkan tak mau mengalihkan perhatian. Itulah ciri orang yang memiliki kecerdasan linguistik. Mereka lihai sekali memainkan kata-kata dan menyusun fikirannya secara jelas dan sistematis, bahkan untuk mempengaruhi dan menggerakkan orang lain.
Karena berhubungan dengan kemampuan mengolah kata dan memaknainya, kecerdasan linguistik ini bisa kita asah dengan membaca dan menulis. Semakin sering kita membaca dan semakin sering kita menulis, kecerdasan linguistik kita juga akan berkembang dan meningkat. Lalu, apa hubungannya dengan ngeBlog?

NgeBlog = menulis dan membaca
Ketika kita ngeBlog, maka aktifitas paling dominan yang kita lakukan adalah membuat postingan, yang artinya menulis. Kita bisa menuliskan apa saja, pengalaman pribadi, ide, review produk, resensi, atau jenis-jenis tulisan yang lain. Semakin aktif kita ngeBlog, maka semakin sering kita menulis. Bahkan, bisa jadi dalam satu hari kita mampu memproduksi lebih dari satu tulisan.
Aktifitas lain yang tidak bisa lepas ketika kita ngeBlog adalah membaca. Dalam konteks ini, ada dua hal yang menjadi media bacaan kita. Yang pertama adalah membaca buku. Membaca buku kita lakukan sebelum kita membuat postingan yang bisa dimaksudkan untuk mencari inspirasi. Dengan semakin sering membaca buku, postingan kita tentunya akan semakin kaya akan makna karena buku memberikan kita wawasan luas.
Yang kedua adalah membaca postingan orang lain. Banyak yang memberi saran bahwa salah satu cara agar kita sukses dalam ngeBlog adalah kita sering mengunjungi blog lain, membaca isi postingannya, dan memberikan komentar. Lagi-lagi kita berada dalam kondisi membaca dan menulis.
Secara sederhana, bisa kita simpulkan bahwa aktifitas ngeBlog tidak bisa dilepaskan dari aktifitas menulis dan membaca. Yang artinya, ngeBlog secara sadar atau tidak membantu dalam meningkatkan kecerdasan linguistik kita.
Semakin lama kita ngeBlog, pastinya kita mengingikan postingan kita semakin berbobot dan bermakna. kita pun mulai belajar untuk mengolah kata, memberi makna, melakukan penfasiran, dan aktifitas-aktifitas lain yang berhubungan dengan kemampuan linguistik. Semakin sering kita menulis dan membaca, maka kemampuan kita untuk mengolah katapun semakin mumpuni.
***
Dalam menyusun teori multiple intelligencesnya, Gardner menyatakan bahwa kecerdasan seseorang itu berkembang (dinamis), bukan statis. Artinya, bisa jadi kecerdasan kita saat ini akan berbeda dengan kecerdasan kita beberapa minggu atau bulan yang akan datang. Kecerdasan kita akan berkembang sesuai dengan kebiasaan yang kita lakukan.
Jika kita tarik pada aktifitas ngeBlog, maka tidak menutup kemungkinan ngeBlog yang sudah menjadi kebiasaan membantu meningkatkan kecerdasan kita, terutama kecerdasan linguistik yang memang erat sekali dengan dunia blogging, dunia tulis baca.

Sumber: http://mutiarabirusamudra.blogdetik.com/manfaat-ngeblog-untuk-kecerdasan-linguistik/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar